Artikel
  • Register

Bintal Nasrani di Unit Pelaksanaan Teknis Terapi & Rehabilitasi

UPT T&R BNN memberikan sarana-sarana untuk beribadah kepada residen. Kegiatan beribadah ini  dilaksanakan di Kapel UPT T&R BNN dan disetiap fasilitas residen dalam bentuk bimbingan mental agama Kristen/ nasrani (bintal nasrani). Kita membuat ibadah dan mengajak mereka untuk beribadah kepada Tuhan. Kita juga membuat program-program yang bekerja sama dengan Gereja-gereja dimasyarakat untuk menyambut hari-hari raya Kristen dan untuk supaya iman mereka lebih terbuka. Membuka sarana konseling agama Kristen. Dan membuat mereka merasakan kehadiran kita sebagai suatu keluarga Kristen. 

 Lebih dalam lagi bintal nasrani berfungsi untuk mengarahkan dan memfasilitasi residen untuk mengenal kembali diri pribadinya dimata Allah serta mempersiapkan mereka saat kembali kepada masyarakat. Sehingga mereka dapat mengerti bagaimana seharusnya manusia Kristen berada didalam masyarakat.

Mereka diajak untuk kembali ke iman percaya dalam menghidupi tujuan Tuhan bagi manusia ciptaan-Nya. Langkah pertama yang kami lakukan adalah menyadarkan mereka akan tugas tanggung jawab mereka di dalam dunia ini. Hakikatnya manusia mendapatkan tugas dari Tuhan untuk menjadi terang bagi sekelilingnya yang dalam kegelapan. Untuk dapat melaksanakannya maka kita umat Kristen harus menyadari panggilan itu lebih dulu. Sebagai manusia yang tidak pernah lepas dari kekhilafan, maka langkah pertama untuk meresponi panggilan Tuhan tersebut adalah dengan mengakui segala salah dan dosa, kemudian menyerahkan diri untuk kembali dibentuk oleh Tuhan agar dapat menjalani kehidupan sesuai dengan kehendak-Nya.

Langkah kedua, yang kami lakukan dalam pembekalan iman adalah mengembalikan pandangan mereka akan hidup pada kebenaran Firman Tuhan, dimana kita manusia ciptaan-Nya dituntut untuk bisa mengabarkan kasih yang telah Tuhan ajarkan kepada umat-Nya. Dengan mendasarkan segala tindakan pada Injil Matius 6:33 yang berbunyi :”carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenarannya, semuanya itu akan ditambahkan kepadamu”. Perikop ini mengajak kita manusia kepunyaan Allah untuk lebih mengutamakan segala tindakan kita mengenal kehendak Allah terlebih dahulu, sehingga segala kebutuhan kita akan dipenuhi oleh Allah.

Kedudukan, Tugas Pokok, dan Fungsi

Tanggal 31 Oktober 1974 diresmikan oleh Ibu Tien Suharto, realisasi Bakolak Inpres No: 6 Tahun 1971 sebagai Pilot Project DKI Jakarta, dengan nama Wisma Pamardi Siwi yang berfungsi sebagai tahanan wanita & anak-anak nakal sebelum diperkarakan / diajukan ke pengadilan.