Berita
  • Register

MENIINJAU HUKUM DAN PERADILAN ANAK

LIDO-HUMAS BALAI BESAR REHABILITASI BNN,” Anak adalah masa depan bangsa. Karena merupakan masa depan bangsa, maka anak perlu mendapat perhatian khusus demi pertumbuhan dan perkembangan dirinya menuju kedewasaan yang baik dan bermartabat. Usia 18 tahun menjadi penentuan batas usia anak di bawah umur menurut hukum pidana  dan 21 tahun menurut hukum  perdata.

 

            Di usia ini anak cenderung memiliki tingkat keingintahuan yang tinggi. Sehingga banyak yang tidak berpikir ulang untuk mencoba barang-barang terlarang seperti minuman keras dan bahkan mencoba untuk memakai barang-barang terlarang lainnya seperti Narkoba. Pemerintah bertanggungjawab untuk melindungi anak-anak ini secara hukum jika terjadi tindakan yang melanggar hukum, termasuk jika mereka menggunakan Narkotika.  

            Kunjungan KEMENKUMHAM terkait peradilan dan hokum anak pada tanggal 24 juli 2018, bertujuan untuk saling bertukar pikiran dan pendapat terkait bagaimana penyelesaian yang baik bagi anak dengan permasalahan narkotika. Dalam kunjungan ini sharing terkait rehabilitasi anak  dan penyalahguna usia dini

yang makin marak di negeri ini. Perlu perhatian khusus terutama masalah pendidikan dan masa depannya nanti karena anak akan menjadi generasi penerus bangsa di masa depan.

 

 

Kedudukan, Tugas Pokok, dan Fungsi

Tanggal 31 Oktober 1974 diresmikan oleh Ibu Tien Suharto, realisasi Bakolak Inpres No: 6 Tahun 1971 sebagai Pilot Project DKI Jakarta, dengan nama Wisma Pamardi Siwi yang berfungsi sebagai tahanan wanita & anak-anak nakal sebelum diperkarakan / diajukan ke pengadilan.